Kelebihan Solat Dhuha

Kelebihan Solat Dhuha

Thursday, 6 February 2014

Ceramah Pak Kiyai



Alkisah di suatu pengajian akbar (jemaah yang hadir sekira 3.000 orang), Pak Kiyai menyampaikan ceramahnya, “Hadirin yang mulia, dunia ini gelap dan kubur itu terang! Hadirin semua setuju?” Serentak hampir semua jemaah menjawab, “Setuju!!!”

Pak Kiyai melanjutkan, “Nah bagi yang setuju dengan pernyataan saya, boleh pulang.” Maka dengan suara gaduh hadirin pun pulang, kecuali tiga orang pemuda yang masih belum beranjak dan tempat duduknya (ternyata ketiga pemuda itu duduk paling depan dan tidak mengantuk selama Pak Kiyai berceramah). Melihat ketiga pemuda itu tidak beranjak dan tempatnya, Pak Kiyai bertanya, “Mengapa kalian tidak pulang? Kalian tidak setuju dengan pernyataan saya?

“Yah..., kami penasaran dengan ungkapan Pak Kiyaitadi. Pak Kiyai tadi  bagaimana, dunia yang jelas-jelas terang eh ... malah dikatakan gelap, sedangkan kubur yang sudah jelas-jelas gelap malah dikatakan terang, apakah uangkapan Pak Kiyai itu tidak terbalik?” jawab si Pemuda.Pak Kiyai menjawab sambil tersenyum, “Tidak Nak Saya tidak keliru dengan yang saya sampaikan tadi.”

“Baiklah, jika kalian ingin mengetahui jawabannya mari ikut saya.” Pak Kiyai membawa ketiga pemuda tadi kemulut sebuah gua yang gelap. Ketiga Pemuda tadi semakin bertambah keheranan dan kepenasarannya. Pak Kiyai berucap kepada ketiga pemuda itu, “Masukilah gua itu dan jika kalian menemukan kerikil didalamnya, ambillah.”

Ketiga pemuda itu semakin bengong dan dibuat bingung oheh instruksi Pak Kiyai. Pemuda I berfikir, “Aku tidak akan tertipu untuk yang kedua kalinya, aku tak akan membawa apa-apa. Mengapa Pak Kiyai aneh ini malah menyuruh mengambil kerikil bukan membekahi saya senter atau obor!”

Pemuda II agak ragu-ragu dengan perintah Pak Kiyai,ia berfikir, “Ah... saya akan mengambil sedikit saja kerikil itu.

Pemuda ketiga berfikir, “Apa pun yang diperintahkan Pak Kiyai saya sami’na wa atha’rza, saya akan mengambilkerikil itu..”

Singkat cerita, ketiga pemuda itu memasuki gua. Pak Kiyai sudah menunggu di ujung mulut gua. Ketika melihat kemunculan ketiga pemuda itu, Pak Kiyai berkata, “Silakan kalian membuka hasil bawaan kalian dan dalam gua itu.”

Ketika melihat bawaannya, Ketiga Pemuda itu langsung pingsan. Ternyata kerikil itu adalah intan permata!!. Setelah ketiga pemuda itu siuman, Pak Kiyai menjelaskan, “Itulah jawaban dan pernyataan saya pada ceramah tadi. Dunia yang saya katakan gelap, saya umpamakan gua yang tentunya di dalamnya gelap, sedangkan ujung gua (di luar gua) itu saya umpamakan kubur karena memang terang. Dan kerikil! yang ternyata intan permata itu saya umpamakan bekal amal kita masing-masing ketika memasuki dunia (gua) yang serba gelap.”

Pak Kiyai melanjutkan, “Setiap orang akan menyesal ketika sudah sampai di alam kubur (sudah meninggal dunia), karena ternyata semua manusia akan menyadari bahwa kehidupan yang sesungguhnya adalah kehidupan akhirat yang membutuhkan bekal amal shalih. Yang tidak membawa perbekalan amal shalih akan celaka selamanya, yang membawa bekal amal! shalih sedikit akan menyesal mengapa tidak membawa lebih banyak dan yang sudah membawa bekal amal! shalih yang banyak menyesal kenapa tidak membawa lebih banyak lagi. Pendek kata kita Semua akan menyesal tapi penyesalan saat itu tiada artinya.”


"Senantiasalah mengigati Allah. Jika kamu tidak boleh berbuat itu, maka ingatlah mati selalu"
(Abu Ishaq Ibrahim Al- Syaibani)


1 comment:

  1. awalnya saya ragu untuk megikuti pesugihan KIYAI DIMAS KANJEN atau bisa dibilang uang goib tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba dan setelah saya menghubungi KIYAI DIMAS KANJEN saya minta bantuan uang goib sama beliau .dan saya benar-benar sudah membuktikan demi allah bahwa KIYAI DIMAS KANJEN bisa merubah kehidupan saya dalam sekejap awalnya saya sangat miskin makanpun susah ,alhamdulillah dengan bantuan KIYAI DIMAS KANJEN saya bisa merubah kehidupan saya jauh lebih baik daripada sebelumnya beliau membantu saya uang goib 900 juta .saya sangat berterimah kasih kepada KIYAI DIMAS KANJEN atas bantuan beliau ,dan saya menyapaikan kepada saudarah-saudarah yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi 082_349_535_132 KIYAI DIMAS KANJEN TAAT PERIBADI saya sudah membuktikannya sendiri

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fixed Deposit Calculator